Gerakan 1000 Langkah Relawan PMI untuk Merapi


Kerinduan untuk kembali berkumpul dan bekerja sama semakin menumpuk dirasakan oleh para relawan PMI Se-Jawa Tengah. Setelah dipertemukan dalam peristiwa yang benar-benar menuntut kebersamaan dalam menanganinya pada bencana erupsi Merapi tahun 2010 lalu, para relawan PMI Jawa Tengah merasa telah menemukan keluarga baru. Berpendapat bahwa relawan tidak harus hanya berkumpul ketika bencana tiba, akhirnya diadakanlah suatu acara berkumpul bersama untuk kembali menjalin silaturahmi relawan PMI se-Jawa Tengah.
Acara yang bertajuk “Gerakan 1000 langkah relawan PMI untuk Merapi” ini diadakan pada tanggal 28-29 Desember 2013 di Joglo Merapi, Kawasan Desa wisata Selo, kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali yang berada tepat di kaki gunung Merapi sebelah timur. Selain untuk memperingati Hari Relawan yang jatuh pada tanggal 26 Desember, kegiatan ini juga diadakan sebagai ajang temu kangen dan mengenang dahsyatnya bencana Erupsi Merapi pada tahun 2010. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa rombongan relawan PMI Kabupaten dan Kota Se-Jawa Tengah seperti PMI kabupaten Boyolali sebagai tuan rumah, PMI Kota Salatiga, PMI Kabupaten Grobogan, PMI Kota Semarang, PMI Kabupaten Semarang, PMI Kabupaten Kendal, PMI Kabupaten Temanggung, PMI Kabupaten Magelang, PMI Kota Surakarta, dan masih banyak lagi. Relawan yang hadir diwajibkan membawa mie instan 3 bungkus per orang untuk memenuhi konsumsi yang diadakan dengan sistem Dapu Umum.
Dimulai pada pukul 20.00 WIB, acara ini dibuka dengan penampilan musik Organ Tunggal yang juga merupakan sumbangan dari para relawan untuk memeriahkan acara tersebut. Dilanjutkan dengan pemutaran film dokumenter PMI Jawa Tengah tentang Erupsi Merapi tahun 2010, acara ini semakin mengingatkan kembali kesedihan para korban di sekitar gunung Merapi. Inilah yang menggugah para relawan PMI yang baru bergabung atau belum sempat bergabung pada saat itu untuk mendengarkan cerita langsung dari para relawan yang sudah sangat berpengalaman dalam penanganan bencana seperti yang sudah terjadi di Merapi. Pesan dan kesan yang disampaikan oleh beberapa tokoh relawan menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi para relawan yang hadir pada malam itu. Kemudian acara dilanjutkan dengan kembali berdendang dengan alunan musik Organ Tunggal dengan sumbangan lagu dari beberapa teman relawan sampai sekitar pukul 23.45 WIB. Semua relawan beristirahat di pendopo Joglo Merapi dan atauada juga yang mendirikan tenda area pendopo.
Ketika pagi tiba, Tim Dapur Umum menyiapkan sarapan untuk para relawan sementara yang lain membersihkan tempat kegiatan sebelum diadakan kembali diskusi antar relawan yang dipipmpin oleh Mbak Wuri dari PMI Kota Surakarta. Dengan suguhan hangat singkong goreng dan susu sapi Boyolali semakin mepererat suasana kekeluargaan antar relawan PMI se-Jawa Tengah yang hadir dalam kegiatan tersebut. Acara ditutup dengan Apel dan Foto bersama. Rencananya kegiatan seperti akan terus diadakan setahun sekali oleh Forum relawan PMI Jawa Tengah. (KSR-03)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Youth Volunterr Competition (YVC) Ke-IV PMR WIRA (SMA) Se-Jawa Tengah dan KSR Unit PT Se-Kota Semarang

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional