KSR PMI UNIT UNIVERSITAS PGRI SEMARANG MENYELENGGARAKAN WORKSHOP PERTOLONGAN PERTAMA  

 KSR PMI UNIT UNIVERSITAS PGRI SEMARANG MENYELENGGARAKAN WORKSHOP PERTOLONGAN PERTAMA

 

Sumber : Dokumentasi Pribadi,2022.


Pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 telah membawa dampak yang besar. Masyarakat harus siap menghadapi perubahan aktivitas kegiatan sosial, yang awalnya segala sesuatu dilakukan bertatap muka langsung sekarang beralih bertatap maya dan cenderung lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Hal ini dapat membuat jiwa  sosial dan rasa peduli terhadap sesama berkurang.

Dalam keadaan darurat, penanganan korban kecelakaan di satu jam merupakan yang sangat penting untuk menyelamatkan korban dan menghindari kondisi buruk. Banyak orang ketika melihat korban kecelakaan baik itu kecelakaan yang mengakibatkan pendarahan maupun kecelakaan yang tidak menimbulkan pendarahan hanya diam, salah satu yang menjadi penyebabnya adalah kurangnya rasa peduli dan kurangnya pengetahuan. Oleh karena itu, rasa peduli, pengetahuan dan keterampilan melakukan pertolongan pertama dibutuhkan oleh siapa saja. Salah satu cara memberikan pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama yaitu dengan diadakannya kegiatan workshop.

KSR PMI Unit Universitas PGRI Semarang menyelenggarakan Workshop Pertolongan Pertama  tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung di  GPS Lt 5 Universitas PGRI Semarang, pada Jumat, 14 Oktober 2022. Kegiatan ini mengusung tema “Mahasiswa Tanggap Pertolongan Pertama Sebagai Upaya Meningkatkan Rasa Kepedulian Terhadap Sesama". 

Sasaran kegiatan Workshop ini adalah peserta aktif dan pasif. Peserta aktif merupakan Mahasiswa D3,D4,S1 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dan masyarakat umum. Sedangkan peserta pasif meliputi pembina dan pelatih KSR PMI Unit Universitas PGRI Semarang. Tujuan diadakannya Workshop ini yaitu memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang pertolongan pertama pada  kehidupan sehari hari yaitu penanganan orang yang tersedak dan RJP (Resusitasi Jantung Paru) bagi orang dewasa dan anak kecil.

 

      Sumber : Dokumentasi Pribadi,2022.


Acara workshop ini dihadiri oleh pembina Bapak Henry Januar Saputra,S.Pd.,M.Pd dan pelatih KSR PMI Unit Universitas PGRI Semarang Bapak Ahmad Kasan Manuri,S.Pd. serta pemateri yang ahli dalam bidangnya Dr. Raden Panji Uva Utomo, MH., Sp.KF dan peserta yang terdiri dari panitia,pengurus, dan anggota UKM KSR PMI Unit Universitas PGRI Semarang. Workshop ini dihadiri kurang lebih 70 orang.

Adapun rangkaian acara ini diisi dengan pembukaan yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PMI,dilanjut doa dan laporan ketua panitia,kemudian sesi sambutan oleh komandan KSR PMI Unit Universitas PGRI Semarang periode 2021/2022 Dian Indah Puspitasari dan Pembina UKM KSR Bapak Henry Januar Saputra,S.Pd.,M.Pd.

Materi di sampaikan oleh pemateri yang ahli dalam bidangnya yaitu Dr. Raden Panji Uva Utomo, MH., Sp.KF mengenai tersedak dan RJP dengan metode diskusi bersama,tanya jawab dan praktik langsung. Setelah itu acara terakhir diisi dengan penyerahan kenang kenangan dan foto bersama. Harapannya setelah diadakannya kegiatan workshop ini yaitu dapat menambah pengetahuan,wawasan dan keterampilan mengenai pertolongan pertama dan dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama.



Penulis : Selfi Aprillia Ningrum


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Youth Volunterr Competition (YVC) Ke-IV PMR WIRA (SMA) Se-Jawa Tengah dan KSR Unit PT Se-Kota Semarang

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional